Rahasia Perhitungan Alexa Rank


Alexa Icon

Pertama saya sempat merasa bingung, mengapa ya blog yang berusia baru akan mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam ranknya? ada blog yang pertama dari rank 24 jutaan meloncat ke 11 jutaan kemudian ke 3 jutaan.

Blog ini yang telah mempunyai rata-rata 50 pengunjung per hari, namun tidak mengalami kemajuan yang pesat dalam ranknya. Sedangkan blog saya yang satu lagi hanya mempunyai rata-rata 10 pengunjung per hari, namun melonjak dari 24 jutaan menjadi 8 jutaan.


Setelah saya melakukan analisis terhadap cara perhitungan alexa rank, ternyata alexa.com bukan menghitung rank berdasarkan banyak-sedikit pengunjung di blog anda, namun menghitung secara perkembangan pengunjung di blog anda dari hari ke hari.

Bagi yang kurang mengerti, saya berikan contoh:
Misalnya, Web A mempunyai pengunjung sebanyak 5 pengunjung di hari pertama. Sedangkan Web B mempunyai 40 pengunjung di hari pertama. Kemudian, saat hari kedua, Web A mempunyai 30 pengunjung dalam sehari karena telah menambah banyak posting kemarin. Maka, Web A akan mengalami kemajuan pesat di Alexa rank nya. Sedangkan Web B karena biasa-biasa saja, maka tidak mengalami kemajuan yang berarti di blog nya.

0 komentar:

Posting Komentar